Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : MTs Ribatul Muta’allimin
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Iman
Kepada Malaikat
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (3 x 40 menit)
A.
KOMPETENSI INTI:
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
KOMPETENSI
DASAR dan
INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.2.
|
Memiliki perilaku beriman kepada malaikat Allah dan
makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena
kehidupan.
|
|
2
|
2.2.
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah.
|
1. Menyebutkan nama-nama malaikat, tugas dan sifat-sifat malaikat Allah.
2. Menjelaskan
tugas-tugas malaikat dan menerangkan keterkaitan tugas malaikat dengan
perbuatan.
3.
Menjelaskan sifat-sifat malaikat dan meneladani dalam
kehidupan.
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang pengertian malaikat,
peserta didik dapat memiliki perilaku beriman kepada malaikat Allah dengan benar.
2.
Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang macam-macam
malaikat dan tugasnya, peserta
didik mampu menjelaskan tugas-tugas malaikat dan menerangkan keterkaitan tugas
malaikat dengan perbuatan dengan benar.
3.
Diberikan kesempatan mencermati video salah satu contoh sifat
ketaatan yang di miliki malaikat Allah, peserta didik mampu menjelaskan
sifat-sifat malaikat dan meneladani dalam kehidupan dengan benar.
D.
MATERI PEMBELAJARAN:
1.
Pengertian Malaikat.
Menurut
bahasa, kata “malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari kata
mufrad malak yang berarti kekuatan. Dalam mengemban misi dan tugasnya,
para malaikat juga disebut dengan ‘ar-rusul’ yang berarti para utusan
Allah swt.
Malaiakat
diciptakan oleh Allah tersebut dari cahaya (nur), berdasarkan salah satu hadits
nabi Muhammad Saw, “malaikat telah diciptakan dari cahaya.”
Iman
kepada malaikat adalah bagian dari rukun iman. Iman kepada malaikat maksudnya
adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan
bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah. Allah menciptakan mereka
dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya. Mereka tidak
pernah berdosa, tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah
saja yang mengetahui jumlahnya.
2.
Macam-macam malaikat dan tugasnya.
Nama
dan tugas-tugas malaikat, adapun tugas-tugas yang paling besar dilaksanakan
oleh 10 malaikat, yaitu:
- malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dan
mengajarkannya kepada para nabi dan rasul.
- malaikat Mikail, bertugas membagi rezeki kepada
seluruh makhluk menimbang hujan, angin dan juga bintang-bintang.
- malaikat Israfil, bertugas meniup sangkakala.
- malaikat Izrail, bertugas mencabut nyawa.
- malaikat Munkar dan Nakir, bertugas memeriksa amal
perbuatan manusia di alam barzakh.
- malaikat Rakib dan Atid, bertugas mencatat amal
baik dan buruk manusia.
- malaikat Malik, bertugas menjaga dan mengendalika
api neraka.
- malaikat Ridwan, bertugas menjaga pintu surga.
3.
Identifikasi sifat-sifat malaikat.
Sifat-sifat dari malaikat.
- selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah
berhenti.
- suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa
nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat dan lainnya.
- selalu takut dan taat kepada Allah Swt.
- tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa
saja yang diperintahkan-Nya.
- mempunyai sifat malu.
- bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan
patung.
- tidak makan dan minum.
- mampu mengubah wujudnya.
- memiliki kekuatan luar biasa dan kecepatan cahaya.
E.
METODE
PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific.
2.
Model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning.
3.
Metode diskusi.
F.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa Aqidah Akhlak MTs Kelas VII
3.
Buku
lain yang memadai.
4.
Internet.
G.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD
Projector
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan
dengan salam, dan berdo’a tentang menuntut ilmu bersama dipimpin oleh
salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Mengajukan pertanyaan secara
komunikatif berkaitan dengan tema iman kepada malaikat Allah.
d. Menyampaikan kompetensi dasar
dan tujuan yang akan dicapai.
e. Menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi,
mengkomunikasikan dengan menyampailan, menanggapi dan membuat kesimpulan
hasil diskusi.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
·
Mencatat hasil
pengamatan terhadap hal- hal penting dari tayangan video ketaatan malaikat-malaikat
Allah Swt.
b. Menanya
·
Melalui motivasi dari
guru, peserta didik mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru
tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap video tentang
ketaatan malaikat-malaikat
Allah Swt.
c. Eksperimen/Explore
·
Peserta didik bersama
kelompok mendiskusikan isi video yang berkaitan dengan keteladanan
malaikat-malaikat Allah Swt.
·
Siswa bertanya jawab
dengan guru dari hasil pengamatan terhadap video tentang nilai positif dari
video Ketaatan
Malaikat-malaikat Allah Swt.
d. Asosiasi
·
Bersama kelompok,
siswa mendiskusikan alasan penting kenapa harus mengimani dan meneladani
sifat ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt.
·
Mendiskusikan
manfaat ingin meneladani
sifat ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt.
·
Selama proses
pembelajaran berlangsung, guru melakukan penilaian otentik.
e. Komunikasi.
·
Menyampaikan hasil
diskusi tentang penting kenapa ingin
meneladani sifat ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt.
·
Menanggapi hasil
presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan
dibantu dan dibimbing guru.
|
90 menit
|
3.
|
Penutup
a. Untuk
melihat ketercapaian hasil pembelajaran, guru melakukan penilaian tes dalam
bentuk uraian objektif.
b. Melaksanakan
refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari
kegiatan iman kepada malaikat-malaikat
Allah Swt. yang telah dilaksanakan sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
c. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi.
d. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
15 menit
|
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan
hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
1. Observasi
Mengamati
pelaksanaan diskusi untuk melihat sikap empati siswa dengan lembar observasi
yang
menilai sebagai berikut
No
|
Kriteria
Pengamatan
|
Skor Nilai
|
|||
4
(sangat baik)
|
3
(Baik)
|
2
(Cukup)
|
1
(Kurang)
|
||
1
|
Kerjasama
dengan teman kelompok
|
||||
2
|
Kepedulian
pada teman kelompok
|
||||
3
|
Sikap
menghargai teman
|
||||
4
|
Partisipasi
dalam kelompok
|
Skor Maksimum : 16
N =
Konfersi Nilai
Kualitatif
MK = 14
- 16
MB = 11
- 13
MT =
7 - 10
BT =
4 - 6
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB
: Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku
yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
2. Portofolio
Membuat paparan tentang contoh kisah kejadian
sehari- hari tentang iman kepada
malaikat.
Instrumen
Penilaian Portofolio
No
|
Kriteria Pengamatan
|
Skor Nilai
|
|||
4
(sangat baik)
|
3
(Baik)
|
2
(Cukup)
|
1
(Kurang)
|
||
1
|
Sistematika
Penulisan
|
||||
2
|
Kesesuaian
paparan dengan tema
|
||||
3
|
Analisis
|
||||
4
|
Kesimpulan
|
Skor Maksimum : 16
N =
3. Penilaian
Diri
Menumbuhkan
sikap empati dalam diri.
Isilah lembar
penilaian diri berikut ini !
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Setiap saya melaksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan baik.
|
||
2
|
Setiap saya melaksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan santai.
|
||
3
|
Setiap saya melaksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan bantuan orang lain.
|
||
4
|
Setiap saya melaksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan sembrono acak acakan.
|
||
5
|
Setiap saya melaksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan teliti karena makailat juga melaksanakan tugas dengan
teliti.
|
4. Tes
Jawablah
pertanyaan dibawah ini!
1.
Sebutkan
nama-nama malaikat dan tugasnya !
2.
Sebutkan Sifat-sifat dan perilaku malaikat!
Kunci Jawaban
dan skor
No
|
Kunci
|
Skor
|
1
|
- malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu
- malaikat Mikail, bertugas membagi rezeki
- malaikat Israfil, bertugas meniup sangkakala.
- malaikat Izrail, bertugas mencabut nyawa.
- malaikat Munkar dan Nakir, bertugas memeriksa
amal perbuatan manusia di alam barzakh.
- malaikat Rakib dan Atid, bertugas mencatat amal
baik dan buruk manusia.
- malaikat Malik, bertugas menjaga pintu neraka.
- malaikat Ridwan, bertugas menjaga pintu surga.
|
10
|
2
|
Sifat-sifat dan perilaku malaikat antara lain:
- selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
- suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti
hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat dan lainnya.
- selalu takut dan taat kepada Allah Swt.
- tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa
saja yang diperintahkan-Nya.
- mempunyai sifat malu.
- bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan
patung.
- tidak makan dan minum.
- mampu mengubah wujudnya.
- memiliki kekuatan luar biasa dan kecepatan cahaya.
|
10
|
Mengetahui,
Kepala MTs
Ribatul Muta’allimin
Dra. Muhibbah
Nachrowi
...............................................
NIP.
......................................
|
Pekalongan, 1
Juni 2015
Guru Mata
Pelajaran PAI
Umar Khasan
.................................................
NIP.
........................................
|
No comments:
Post a Comment