Tuesday, April 14, 2020

DIARY 3


KASIH

Kadang saya masih saja tak mengerti, perasaan apa yang ada dalam diri seorang manusia. Perasaan unik yang dapat menjadikan ia berbuat melebihi batas kemampuannya untuk meraih sesuatu, ataupun hanya sekedar menjaganya. Perasaan yang diberi oleh yang Maha Kuasa, yang dengannya kehidupan ini menjadi sangat terasa indah. Perasaan yang membuat bahagia bagi setiap insan yang merasakaannya. 

Semenjak kita terlahir kedunia harusnya kita sudah bisa merasakan perasaan itu, yaitu kasih Tuhan kepada makhlukNya, dengan memberi segala kenikmatan di dunia tanpa harus kita membalasnya. Udara, air, beserta alam semesta merupakan salah satu bentuk kasih Tuhan kepada seluruh makhluknya tak terkecuali makhluk kecil yang baru lahir kedunia.

Kasih Tuhan sangat luas namun kasih manusia hanya terbatas, ia mudah mengasihi namun kadang pula mudah untuk membenci. Kasih ataupun cinta sangatlah unik, seperti uniknya virus yang sedang menjadi pandemic, tak kasat mata namun sangat pesat penyebarannya. Seharusnya, hal yang tak kasat mata seperti kasih kita sebarkan pula menjadi pandemic bagi dunia, bagi alam semesta beserta seisinya, sehingga tak akan ada lagi namanya saling membenci atau memusuhi.

Manusia semenjak ditiupkan ruh kejasadnya senantiasa membawa sifat kasih, namun sangat disayangkan di tengah perjalanan, sifat kasih pada ruh tertutup oleh kebisingan duniawi, keindahan dunia yang menutupi keindahan abadi kembali kepada sumber ruh. Kasihpun enggan, bahkan tak sudi untuk keluar dari hati.

Ia hati, tempat bersemayamnya kasih, tempat paling nyaman bagi kasih, hanya Dia yang bisa mengerti dan membolak-balikkan hati, manusia harusnya menyadari, dalam dirinya tertanam sifat Rabbani yang dengannya dapat mendamaikan dunia.

Seperti yang dikatakan dalam salah satu lagu Dewa 19, bahwa ada satu bagian dari manusia yang sangat peka apabila kamu menyentuhnya, maka sentuhlah hatinya, karena dengan menyentuhnya, sifat kasih didalamnya akan keluar dan terjadilah saling mengasihi, sesama manusia, sesama ciptaanNya, seluruh alam semesta akan diselimuti kasih bila kita bisa menyentuh hati,

Sayangnya kita tak tahu bagaimana cara menyentuh hati, karena ia terletak sangat tersembunyi dalam diri manusia, hanya denganNya kita bisa tahu dimana letaknya, hanya denganNya kita bisa tahu bagaimana menyentuhnya, hanya denganNya kita bisa tahu bagaimana menaklukkannya, maka dekatilah Dia agar mudah mengenali hati, hati kita, hati dia, mereka dan umat manusia sedunia.

Sampai saat ini saya pun masih belum mengerti perasaan apa yang ada dalam diri seorang manusia. Perasaan unik yang dapat menjadikan ia berbuat melebihi batas kemampuannya, apakah karena saya kurang dekat denganNya, apakah saya telah menjauh dariNya. Zat yang Maha Kuasa, yang menguasai hati manusia. Saya sangat penasaran bagaimana rasanya.

Pekalongan, 14/4/2020 : 11.37
Oem_Kh

No comments:

Post a Comment

DIARY 3

KASIH Kadang saya masih saja tak mengerti, perasaan apa yang ada dalam diri seorang manusia. Perasaan unik yang dapat menjadikan ia ...