Thursday, October 15, 2015

resensi buku transaksi bisnis saham



Menyelami Dunia Saham dan Persoalannya
resensi



Oleh :
Umar Khasan   (2021113116)




JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2015




Judul               : Transaksi Bisnis Saham dan Penyelesaian Sengketa Melalui Pengadilan
Penulis             : Gatot Supramono
Penerbit           : Prenadamedia Group
Ukuran                        : 15 x 23 cm
Halaman          : 272 hlm
ISBN               : 978.602.7985.90.2 
Harga              : Rp 56.800,00

Saham bukan fakta yang berdiri sendiri, namun terkait dengan pasar modal sebagai tempat perdagangannya dan juga terkait dengan perusahaan publik (perseroan terbatas/PT) sebagai pihak yang menerbitkannya. merupakan salah satu instrumen pasar modal. Dalam pasar modal, instrumen yang diperdagangkan adalah surat-surat berharga dan obligasi, serta berbagai instrumen turunannya yaitu opsi, right, waran, dan reksadana. Surat-surat berharga yang dapat diperdagangkan inilah yang disebut efek.
Seseorang memiliki saham menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah menanamkan modalnya di dalam sebuah perseroan terbatas. Selaku pemegang saham mempunyai hak yang dijamin undang-undang untuk menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham), menerima deviden, dan hak-hak lainnya.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi transaksi bisnis saham ikut menyesuaikan keadaan dan bahkan perangkat hukumnya diluar KUH Perdata telah tersedia. transaksi semakin mudah, dapat dilakukan pelaku bisnis tanpa perlu bertatap muka, cukup dengan melalui media elektronik.
Saham merupakan barang yang mempunyai nilai ekonomis sehingga pemiliknya dapat melakukan transaksi bisnis atas sahamnya yang dapat memperoleh kelancaran usaha dan mendatangkan keuntungan. Saham bukan saja dapat diperjual-belikan kepada orang lain melainkan saham juga dapat dijadikan jaminan utang. Dilihat dari statusnya sebagai barang bergerak maka dapat dibebani dengan jaminan gadai atau fidusia.
Di dalam buku ini dibahas bagaimana pelaksanaan jual-beli dan pembebanan saham sebagai jaminan utang yang ada di masyarakat. Selain itu juga dibahas jika terjadi wanprestasi atas perjanjiannya dengan penyelesain melalui pengadilan sehingga saham perlu dilakukan penyitaan untuk kepentingan eksekusi lelang guna pembayaran utang seorang debitur. Yang menarik lagi, disini diberikan berbagai contoh nyata  permasalahan saham yang diangkat ke perkara pengadilan, sehingga bagi seorang yang ingin melakukan transaksi bisnis saham akan mempunyai sedikit gambaran yang akan terjadi ketika menjalankan bisnis saham. Kemudian juga dilampirkan naskah undang-undang republik Indonesia nomor 8 th 1995 tentang pasar modal.
Namun didalam buku ini kurang dilengkapi berbagai pengertian hal-hal yang berkaitan mengenai saham, sehingga ketika pembaca pemula maka akan kesulitan dalam memahami maksud dan makna yang terkandung didalamnya. Namun hal itu tidak mengurangi esensi kebermanfaatan buku ini.
Buku ini disamping untuk menambah bahan kepustakaan karena masih kurangnya buku-buku yang membahas mengenai saham, juga berguna sebagai bahan bacaan bagi para praktisi hukum seperti hakim, jaksa dan pengacara, serta dosen dan mahasiswa, terlebih mahasiswa jurusan hukum maupun ekonomi, maupun masyarakat yang berminat untuk mengetahui transaksi bisnis saham.
Secara materi buku ini sangat laik dibaca bagi seseorang yang berminat terjun menyelami dunia bisnis saham, sehingga mempunyai gambaran persoalan dan menambah wawasan berkaitan dengan saham. Kemudian bagi mahasiswa ekonomi terlebih ekomoni syari’ah sangat dianjurkan membaca buku ini karena dunia saham merupakan salah satu unsur ekonomi yang perlu dikaji dan dinilai ulang baik dari segi keislaman maupun segi penentu kemajuan ekonomi bangsa.

No comments:

Post a Comment

DIARY 3

KASIH Kadang saya masih saja tak mengerti, perasaan apa yang ada dalam diri seorang manusia. Perasaan unik yang dapat menjadikan ia ...