Thursday, October 15, 2015

resensi buku penerapan pembelajaran pada anak



Penerapan pembelajaran pada anak
resensi





Oleh :
Umar Khasan   (2021113116)




JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2014






Judul: Penerapan Pembelajaran pada Anak
Penulis: Prof. Dr. Conny R. Semiawan
Penerbit: PT INDEKS, Jakarta
Ukuran:
Halaman: 160 hal
ISBN: 979-683-857-5
Harga: Rp 33.000,-

            Buku Penerapan Pembelajaran pada Anak yang di tulis oleh Prof. Dr. Conny R. Semiawan merupakan salah satu bacaan yang tepat untuk mengingatkan kembali pentingnya peranan orang tua dalam pendidikan keluarga. Selain juga akan menambahkan wawasan kita di bidang pendidikan keluarga.
            Prof. Dr. Conny R. Semiawan merupakan penulis dengan jam yang sangat tinggi, membingkai berbagai konsep teori dalam mendidik anak di lingkungan keluarga, dari sini kita mengetahui bagaimana pendekatan psikologi yang tepat dalam mendidik anak terutama pada era globalisasi.
            Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah mempercepat berubahnya nilai-nilai sosial yang membawa dampak positif dan negatif terhadap pertumbuhan bangsa, terutama keluarga.
Dampak positif adalah bertambahnya kecepatan dan peningkatan cara berpikir dalam berbagai bidang, dan terjadi perubahan pola hidup yang lebih efesien dan pragmatis. Dampak negatif adalah masyarakat mengalami kesulitan dalam memahami dan merencanakan perkembangan yang begitu cepat di berbagai bidang tersebut sehingga terjadi benturan dengan nilai-nilai luhur bangsa kita.
Peningakatan peranan keluarga serta pemberdayaannya  dalam mendidik anak menghadapai masa depan, terkait dengan suatu strategi yang mengacu kepada hubungan ayah dan ibu. Pendidikan anak tersebut berada ditangan kedua orang tuanya. Kewajiban setiap orang tua dalam proses pendidikan tersebut mengembangkan potensi anak didiknya yang banyak bergatung dari suasana keluarga dan rumah tangga, serta iklim pergaulan dan spiritual antara orang tua dan anak, serta bagaimana tugas tersebut dapat diwujudkan.
Bila kehidupan keluarga disesuaikan dengan tuntutan masa depan, yang mengandung kondisi persyaratan yang mampu membawa perubahan pada masyarakat kita, dalam upaya memperbaiki kondisi kehidupan sebagaimana menjadi tuntutan zaman, maka seyogyanya ada wawasan untuk memiliki cita-cita sasaran-sasaran jangka panjang dan jangka pendek untuk dicapai. Meskipun sasaran-sasaran tersebut bersifat pragmatis, makna hidup yang berkenaan dengan interdependensi global dan martabat manusia yang bersifat interhuman harus dipahami. Dalam mewujudkan diri untuk mencapai sasaran tersebut keluarga sekaligus belajar bertanggung jawab dan belajar menuntaskan apa yang ingin dicapainya, dan hal tersebut akan berdampak terhadap kehidupan keluarga.
            Buku ini terbagi menjadi dua bagian, bagian pertama bertemakan menuju keluarga harmonis dalam era globalisasi, keluarga merupakan unit terkecil dari  masyarakat sehingga kemajuan masyarakat sangat ditentukan dari harmonisnya suatu keluarga, manusia yang  tumbuh kembang dalam kehidupan keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat, merupakan sumber daya manusia yang paling esensial bagi pembangunan bangsa.
Kemudian pada bagian kedua bertemakan penerapan psikologi pendidikan dalam pendidikan keluarga, di dalamnya  terdapat berbagai macam masalah yang dikemukakan oleh Prof Dr Conny Semiawan dan selanjutnya beliau memberikan pemecahan masalah dilihat dari sudut pandang psikologi pendidikan.
            Buku ini merupakan kumpulan dari beberapa makalah yang sudah beliau paparkan dalam berbagai kesempatan, sehingga membuat beberapa bagian pada bab berikutnya. Kemudian di dalamnya banyak menggunakan kata-kata asing yang jarang di gunakan masyarakat umum, jadi untuk dibaca oleh kalangan umum sangat tidak cocok dan mungkin mahasiswa barupun juga akan sedikit kesulitan dalam memahami isi dan arah buku ini. Walaupun demikian, buku karangan Prof Dr Conny ini banyak menawarkan konsep dalam mendidik anak agar lebih termotivasi dalam belajar terutama dalam lingkungan keluarga.
            Untuk kalangan mahasiswa tarbiyah sangat dianjurkan membaca buku ini, sebagai modal atau referensi dalam kehidupan yang akan dialaminya selanjutnya yaitu masa mengajar ataupun masa berkeluarga. Dimana kita akan sering berhadapan langsung dengan berbagai karakter anak yang berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment

DIARY 3

KASIH Kadang saya masih saja tak mengerti, perasaan apa yang ada dalam diri seorang manusia. Perasaan unik yang dapat menjadikan ia ...