Monday, April 13, 2020

DIARY 2


KACA SPION

Masa lalu, masa kini dan masa depan, setidaknya manusia akan mengalami ketiga masa itu, dengan beragam peristiwa dan berbagai pengalaman yang tentunya berbeda satu dengan lainnya. Ketiga masa itu sangat berhubungan, bahkan sangat erat hubungan mereka bagaikan siang dan malam, langit bumi, mendung hujan dan peristiwa lain yang erat kaitannya dengan sebab dan akibat. Masa lalu adalah masa kini yang telah lewat dan sebenarnya apakah ada masa kini, atau hanya ada dua masa, masa lalu dan masa depan. Karena pada hakikatnya masa kini hanya bertahan beberapa detik saja, karena ketika tiap detik yang kita lalui tentu tak akan bisa kita ulang dan sudah menjadi masa lalu kita, masa sedetik yang lalu, dua detik yang lalu, tiga detik, satu menit, satu jam, satu hari atau satu minggu bahkan beberapa bulan dan tahun yang lalu. Sehingga sebenarnya apakah cuma ada dua masa. Dan up to you mau berpandangan dua atau tiga itu tidak akan sedikit mengubah hidupmu.

Masa lalu mungkin bisa menjadi sebuah penyesalan ataupun menjadi sebuah kebagangaan. Tentu dengan bagaimana kita mempersepsikan apa yang telah terjadi, apabila itu sebuah kegagalan ketika kita memandangnya dengan pikiran yang positif maka ia akan menjadi sebuah motivasi, atau pembelajaran dan guru yang terbaik bagi kita seperti kata mutiara yang tertulis di buku tulis kiky “experient is the best teacher” yups guru terbaik itu adalah diri kalian, diri sendiri. Yaitu kita sendiri, yang bisa mengambil suatu pelajaran dari yang sudah  lalu agar menjadi dorongan lebih untuk melakukan yang terbaik ketika dimasa depan.

Sedangkan masa depan, tentu ini merupakan pertanyaan yang amat sulit untuk dipecahkan bagi setiap manusia, karena itu diluar batas kemampuannya. Tapi setidaknya Yang Maha Kuasa sedikit memberi bocoran akan masa depan seseorang, sayapun agak ragu apakah itu sebuah bocoran atau hanya agar manusia berbuat sebaik-baiknya agar lebih baik dikemudian hari. Yaitu bahwasanya Tuhan tidak akan mengubah suata kaum kecuali kaum itu mau merubahnya. Yups masa depan sangat erat kaitanya dengan masa lalu (kini). Dan panutan kita pun bersabda bahwa termasuk orang yang merugi apabila hari ini sama dengan hari lalu. Setidaknya kita sebagai manusia yang dibekali akal fikiran harus senatiasa membaca dan menghayati apa yang telah terjadi dan memperbaiki apabila itu buruk dan meningkatkan apabila itu suatu yang baik.

Pada intinya sebuah kaca spion itu bukan komponen utama dalam sebuah motor, namun kehadirannya untuk melihat apa yang ada dibelakang agar kita berjalan dengan baik dan hati-hati itu sangat diperlukan. Termasuk dalam dunia ini, maka seharusnya kita memasang kaca spion dalam setiap lini kehidupan kita, fungsinya tentu sama dengan kaca spion dalam sepeda motor yaitu agar kita menjalani kehidupan ini dengan memperhatikan masalalu agar kedapannya lebih baik lagi.

Tulisan ini sebenarnya sedikit dipengaruhi oleh dua film yang baru saya tonton, yangmana keduanya membahas tentang waktu, yang satu berkaitan dengan masa lalu, dan satunya masa depan.

Pekalongan, 13/04/2020 : 00.20
Oem_Kh

No comments:

Post a Comment

DIARY 3

KASIH Kadang saya masih saja tak mengerti, perasaan apa yang ada dalam diri seorang manusia. Perasaan unik yang dapat menjadikan ia ...